rss
email
twitter
facebook

Selasa, 27 Juli 2010

TIPS 'GOOGLING' YANG JITU

Berhari-hari gak posting membuat otak gw jadi tumpul buat mengeluarkan postingan baru, wajar gak ya? Hehehe... =p

Selagi sempat, gw mau berbagi sedikit tips buat kalian yang suka 'googling'. Gak tahu apa itu 'googling'? Nih gw jelasin secara singkat dulu ya. =]

'Googling' itu istilah yang digunakan untuk menyebut pencarian suatu keywords (kata kunci) melalui Search Engine (mesin pencari atau disingkat SE)

'Googling' itu istilah yang digunakan untuk menyebut pencarian suatu keywords (kata kunci) melalui Search Engine (mesin pencari atau disingkat SE) Google. Biasanya berapa lama kalian menemukan apa yang kalian cari di SE? Berikut gw kasih trik supaya kalian bisa lebih cepat dalam hal mencari sesuatu lewat Search Engine.

1. Gunakan tanda kutip ("") untuk mengkhususkan kata pencarian. Misalnya kalian mau mencari tentang SPESIFIKASI ACER 4732Z, ditulis menjadi "SPESIFIKASI ACER 4732Z". Hal ini dimaksudkan agar search engine dapat mencari situs-situs yang khusus membahas spesifikasi laptop merk Acer tipe 4732Z saja dan tidak melenceng ke laptop merk Acer tipe lainnya.
2. Jangan memilih link yang berekstensi "search". Maksudnya seperti gambar ini
Gw mencoba keyword FREE DOWNLOAD CRACK. Hasilnya pada gambar diatas ada yang diberi warna merah, karena berekstensi "Search", linknya seperti ini http://www.esoft.web.id/search/node/download+crack+free. Lihat yang berwarna biru, ekstensinya "Search". Kenapa link yang seperti itu harus dihindari?
Karena umumnya link yang seperti itu "menjebak" kita supaya masuk ke situsnya, tapi di situsnya kita hanya dibuat "keliling-keliling" dalam kontennya yang sama sekali gak nyambung dengan yang kita harapkan.
3. Gunakan juga variabel Boolean seperti AND, OR, NOR, dll. Misalnya kita mencari "mobil bekas AND motor bekas", berarti kita memberi perintah pada mesin pencari untuk mencari situs yang mengandung kata MOBIL BEKAS dan MOTOR BEKAS. Begitu pula dengan OR dan NOR.
4. Sertakan juga format file yang ingin dicari. Misalnya kalian mau mencari lagu berformat MP3 berjudul Nightmare dari Avenged Sevenfold, kalian bisa mengkhususkan pencarian dengan keyword "DOWNLOAD NIGHTMARE AVENGED SEVENFOLD MP3". Begitu jug dengan file-file lain seperti PDF, DOC, WAV, dll.

Sebenarnya masih banyak lagi rahasia dari search engine yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan pencarian keyword yang jitu. Jika tertarik mempelajari lebih jauh, ketikkan saja di search engine kata "TIPS GOOGLING", akan muncul banyak sekali situs yang membahasnya. =]

Silahkan mencoba dan selamat membaca! =]

Harap Laporkan Link Yang Rusak Atau Gambar Yang Hilang DISINI. Dan Ini Beberapa Postingan Yang Mungkin Berhubungan



2 komentar:

Andi mengatakan...

Peratamaxx

:D

Andromeda mengatakan...

Blog saya sepi sih,jadi gampang pertamaxx...Coba kalo pertamaxx-nya di blognya bang enigma,dijamin setengah mati susahnya,wkwkwk.... XD

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca =]