rss
email
twitter
facebook

Jumat, 29 April 2011

INTERMEZZO: HARI-HARI TERAKHIR TINGKAT KETIGA

Pesan moral:"Jangan percaya buku teori kalo kalian belum mengalaminya sendiri!" :p

Hai pembaca! :D

Sebelum memulai postingan yang "berat-berat", ada baiknya kita pemanasan dulu ya! Gw mau ber-intermezzo sedikit nih mengenai hari-hari terakhir gw di kelas 3 SMK. ^^

Tanggal 18 April yang lalu gw beserta seluruh siswa tingkat tiga di seluruh Indonesia harus berjibaku mengahadapi UAN 2011. Selama 3 hari kami memeras otak demi mengerjakan satu persatu soal yang ada. Dan sekarang kami bisa bernafas lega, UAN sudah berlalu! ^^

Selagi menunggu pengumuman, gw berinisiatif mulai melamar-lamar lowongan pekerjaan di BKK (Bursa Kerja Khusus) di sekolah gw (SMK N 2 Surakarta). Gw daftar di 3 perusahaan, 2 diantaranya cukup ternama di Indonesia jadi gak tau deh keterima apa nggak, namanya juga usaha, hhehe :D.

Di perusahaan pertama (sebut aja perusahaan MG), gw sebenernya udah nyampe ke tahap interview atau test wawancara, tapi setelah gw liat langsung kondisi perusahaannya gw langsung cabut lamaran gw. Kenapa? Jaraknya ternyata terlalu jauh dari tempat gw cuyy!! Arrrghhh...!! Dan satu lagi pesan moral: Jangan percaya apa kata buku teori test wawancara sepenuhnya, soalnya banyak yang sesat tuh buku xP! Nih gw kasih pengalaman gw test wawancara kemaren ya. Beginilah percakapan yang terjadi antara gw vs The Boss sewaktu tanya-tanya gaji:

The Boss (TB) *Bukan Tukang Batu yah!* : "Berapa gaji yang kamu minta?"
Gw : "Saya sudah sertakan di angket yang perusahaan bapak berikan sewaktu pendaftaran".
TB : *Buka-buka arsip*. "Disini kamu menuliskan gaji 1,5? Apa kamu gak salah nulis??"
Gw : "Oh tidak pak, karena itu sesuai dengan kemampuan & kualifikasi yang saya miliki". *Kalo di buku teorinya, kaya gini sih udah cukup. Rampung perkara, gak ditanya-tanya lagi. Tapi ternyata pada kenyataan selanjutnya gw dibuat berkeringat dingin ama TB-nya xP*
TB : "Coba jelaskan 'kemampuan & kualifikasi' yang kamu miliki!" *SFX:petir menggelegar*
Gw : *Gelagapan sambil mikir-mikir*. "Ehm, begini pak. Saya menulis gaji yang saya minta sekian karena itu sesuai dengan kemampuan & kualifikasi yang saya miliki maksudnya begini, saya kan melamar sebagai staff administrasi di perusahaan bapak. Nah dengan latar belakang pendidikan saya yakni di bidang TKJ (Teknik Komputer & Jaringan), anda tidak perlu repot-repot merekrut teknisi IT lagi pak. Dengan merekrut saya, anda mendapat 2 in 1, staff administrasi sekaligus teknisi IT pak, anda bisa berhemat bukan?" *Gw senyum-senyum menyadari kekonyolan gw saat ngejawab dengan jawaban fiktif :p*
TB : "Iya, tapi apa kamu nggak salah? Maksud saya, pemula seperti kamu gaji 1,5 apa nggak terlalu besar?"
Gw : "Nggak pak, sekali lagi saya katakan itu cukup sesuai dengan kualifikasi & kemampuan yang saya miliki".
TB : *Menghela nafas sejenak*. "Menurut saya, kamu terlalu menuntut. Kamu tau UMR Solo berapa? Rp 830.000! Dan pemula seperti kamu sudah minta jauh diatas UMR. Dengan gaji yang kamu minta, kamu gak akan diterima di perusahaan manapun di Solo. Kalo aa yang mau merekrut kamu dengan gaji segitu, kamu temui saya. Saya traktir kamu makan!" *SFX:petir menggelegar*
Gw diem tanpa kata...


Ya itu sekilas dari pengalaman interview gw yang ternyata beda jauh ama yang ada di buku-buku teori. Setelah interview itu, 2 hari kemudian gw telpon kantornya buat mengundurkan diri. Percuma soalnya. Udah transportnya jauh (kurang lebih naik sepeda 9Km bolak-balik kost-kantor), capek di jalan, kemampuan kita diremehkan dan lingkungan kerja yang gw rasa kurang nyaman buat gw. Gw sih punya prinsip "kalo udah rejeki mah kagak bakalan kemana".

Pesan moral:"Jangan percaya buku teori kalo kalian belum mengalaminya sendiri!" :p

Ok, sekian dulu deh intermezzo tentang pengalaman dari gw. Lain kali kita akan memulai pembahasan-pembahasan seperti biasanya.

Happy Blogging! ^^

Harap Laporkan Link Yang Rusak Atau Gambar Yang Hilang DISINI. Dan Ini Beberapa Postingan Yang Mungkin Berhubungan



0 komentar:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca =]